Pentingnya Sejarah Dalam Proses Pendidikan Islam

Termasuk hal yang diperhatikan oleh Rasulullah dan diajarkan kepada para sahabatnya adalah menyebut fakta-fakta sejarah dan informasi tentang umat terdahulu.

Rasulullah SAW meluang waktu khusus untuk menerangkan sejarah, sebab hal ini sejalan dengan perintah Allah SWT dalam firman-Nya:

وَذَكِّرْهُمْ بِأَيَّامِ اللّهِ (إبراهيم:٥)

“Dan ingatkanlah mereka kepada hari-hari Allah". (QS. Ibrahim: 5)
Artinya: wahai Musa sebutkanlah kepada Bani Isra'il tentang sikap Allah yang ditimpakan kepada umat terdahulu agar kalian semua mengikuti jalan ahli kebenaran. Karena sejarah membahas tentang aturan-aturan umat terdahulu serta mendata
individunya, khabarnya, ilmunya, tingkah lakunya, tradisinya, sebab kemerosotan maupun kebangkitannya.

Dan inilah sesuatu yang diperlombakan oleh para pemikir dan dibuat kebanggaan para raja dan mereka antusias mengetahuinya hingga para rakyat jelata.

Allah telah mengkhabarkan kepada kita dalam al-Qur'an tentang sesuatu yang terjadi diantara para nabi dan umat-umat mereka. Allah juga menunjukkan kepada kita perputaran zaman, pergantiannya, perpindahannya, munculnya, larinya, ramainya dan hancurnya zaman.

Adakalanya hari yang satu beserta hari yang lain tidak ada beban, adakalanya hari ini dan setelahnya ialah hari libur untuk istirahat untuk menghadapi hari kemudian dengan kesemangatan, adakalanya sehari dalam seminggu, dan ini berbeda-beda sesuai perbedaan kondisi dan individu masing-masing.

Kesimpulannya ialah kebutuhan beserta dengan wujudnya kesemangatan. (kitab Fathul Bari)
Ini semua adalah metode terpuji dan spirit terbesar guna menyemangatkan seseorang untuk pergi ke majelis-majelis ilmu dan dzikir dan mendatanginya dengan penuh kesenangan dan kecintaan.

0 Response to "Pentingnya Sejarah Dalam Proses Pendidikan Islam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel