Perhatian Sayyid Muhammad al-Maliki kepada Para Faqir Miskin

Beliau As-Sayyid Muhammad al-Maliki Rahimahullah adalah sebagian dari hamba Allah yang sangat perhatian dan perduli terhadap kehidupan fuqara‟ (orang-orang yang faqir atau miskin). Beliau menjadi tempat penyaluran harta orang-orang kaya untuk diberikan kepada mustahiqqin (orang yang berhak menerima zakat atau shadaqah).

Oleh karena ilmu dan akhlak beliau yang luhur, orang-orang yang kaya mempercayakan harta mereka kepadanya untuk diberikan kepada mereka yang berhak.

Beliau senantiasa memberikan nasehat atau wejangan betapa berat tuntutan bagi aghniya' (orang kaya) jika mereka tidak mau perduli terhadap fuqara'. Tanggung jawab yang besar berada di hadapan aghniya' jika mereka bersikap tidak mau tahu terhadap kepentingan umum dan kemashlahatan agama.

Beliau sekuat tenaga berupaya dengan sungguh-sungguh untuk memenuhi hak orang-orang yang membutuhkan bantuan dan orang-orang yang lemah. Beliau juga seringkali menanyakan keadaan mereka. Demikan ini bukti ketinggian akhlak dan budi pekerti beliau, sebagaimana akhlak kakeknya yang paling mulia, Nabi Muhammad SAW.

Rasullullah SAW begitu mulia dan agung akhlaknya sehingga kitab yang besarpun takkan sanggup menghimpunnya. Beliau selalu tampil terdepan dalam setiap kebajikan. Lembut hatinya, luas kasih sayangnya. Manakala si miskin memanggil atau mengundang beliau, maka di penuhinya dengan segera.

Rasullullah SAW bagai seorang ayah yang penuh kasih sayang untuk si anak yatim ataupun janda yang lemah. Demikian itu sebagai karunia dari Allah SWT sang penciptanya.

As Sayyid Muhammad bin Alawi Al Maliki memiliki kebiasaan tahunan yaitu membagi-bagikan harta beliau pada hari-hari yang utama khususnya di bulan Ramadhan yang mulia. Begitu pula jika tiba hari-hari atau acara-acara khusus seperti Idul Fithri dan Idul Adha, hari 'Asyura, bulan Rabi'ul Awwal dan lain-lainnya.

0 Response to "Perhatian Sayyid Muhammad al-Maliki kepada Para Faqir Miskin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel