Doa Lewat dan Singgah di Suatu Daerah

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allâh yang sempurna dari kejahatan apa-apa yang Dia (Allah) ciptakan.

Dalam hadits riwayat Khaulah binti Hakim Radhiyallahu anhuma, Nabi Muhammad SAW bersabda, bahwa orang yang singgah di suatu tempat lalu membaca doa ini, maka tak ada sesuatupun yang bisa membahayakannya hingga ia beranjak dari tempat tersebut. [HR. Muslim].

Faidah Doa

Agar seorang hamba hanya berlindung kepada Allâh Azza wa Jalla sehingga segala keburukan dipalingkan dan dijauhkan darinya saat ia singgah atau masuk di suatu tempat.

Doa ini biasanya dibaca ketika lewat atau masuk ke suatu tempat, baik itu saat safar (bepergian) maupun tidak. Biasanya dibaca sebanyak tiga kali saat dzikir petang, seperti dalam riwayat Ahmad yang menyatakan bahwa barangsiapa mengucapkannya tiga kali saat masuk waktu petang, maka racun hewan berbisa pun tak akan membahayakannya pada malam tersebut.

Doa ini juga sebagai satu doa untuk mencegah bahaya sihir. Di antara yang paling penting dalam menangkal sihir adalah dengan dengan dzikir dan doa yang diajarkan para salaf.

Di antaranya memperbanyak doa di atas, baik di malam ataupun siang hari, juga kala singgah atau masuk di tempat dan daerah manapun, baik itu di suatu bangunan, di padang sahara, di udara, daratan ataupun di lautan.

[Sumber: majalah As-Sunnah Edisi 10/Tahun XIX/1437H/2016M.]


0 Response to "Doa Lewat dan Singgah di Suatu Daerah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel