Profil Singkat Sheikh Ahmed Al Misbahi أحمد المصباحي

Kebersamaan bulan Ramadhan Dengan Dr. Syekh Yusuf Al-Qaradawi 2013
Sheikh Ahmed Al Mesbahi merupakan salah satu ulama dan pembaca Al-Quran terbaik yang pernah dilahirkan di negeri Yaman pada abad ke-20. Nama lengkapnya adalah Ahmed Ibn Mohammad Ibn Ismail Al Mesbahi, lahir di wilayah Al Misba,, di Provinsi Wusab As Safil, di Liwaa Dimar pada tanggal 8 Robiul Al Awal pada tahun 1396, bertepatan dengan tanggal 8 Maret , 1976. Beliau telah menikah, dan ia memiliki seorang putra dan tiga putri, dan beliau saat ini tinggal di Sana'a.

Sheikh Ahmed Al Mesbahi dibesarkan oleh ayahnya Al faqih Muhammad bin Ismail Al Jahmi Al Mesbahi (semoga rahmat Allah besertanya) dari Bani Al Jahmi, mereka adalah keluarga terkenal Ulama yang namanya dikaitkan dengan sahabat besar nabi kita Abi Mousa Al Asy'ari (semoga Allah merohmatinya). Berkat pengawasan ayahnya, Sheikh Ahmed Al Mesbahi mampu menyelesaikan hafalan Al-Quran suci pada usia dua belas tahun saja.

Sheikh Ahmed mampu mempelajari Al-Quran dan ilmu-ilmunya, Aqidah, Madhhab Syafi'i dan asal-usulnya, dan Hadits dan terminologinya. Selain itu, ia menguasai bahasa Arab, puisi, dan prinsip-prinsip kaligrafi, ilmu akuntansi dan kamus.

Sheikh Ahmed Al Mibahi menjelajahi beberapa wilayah Yaman untuk mencari ilmu. Beliau tinggal sebentar di kota Zubaid, dan beliau disekolahkan oleh Mufti kota Muhammad Ibn Suleiman Al Ahdal (semoga rahmat Allah ada padanya). Sheikh Ahmed Al Mibahi kemudian pindah ke kota Saada di mana dia diajarkan ilmu Al Hadeeth oleh cendekiawan dan Sheikh Muqbil Ibn Hadi Al Wadi'i; kemudian ia berangkat ke ibukota Sanaa, di Yaman, di mana ia continually seeked perusahaan Al Qadi "Muhammad Ibn Ismail Al Amrani" selama kurang lebih sepuluh tahun.

Syekh Ahmed Al Mesbahi belajar di Universitas Al Imane, di mana ia mencari ilmu dan belajar dari para cendekiawan dan syekhnya, terutama Dr. Abdul Karim Zidane, yang memintanya untuk mengajar atas namanya para siswa dari gelar master dan doktor bidang "Al Fikh Al Hanafi" dan Fatwa modern.

Ahmed Al Mesbahi adalah seorang murid yang cemerlang otaknya dan selalu peringkat pertama dalam studinya. Dia menerima ijazah yang lebih tinggi dalam ilmu-ilmu khusus Quran dari Institut Negara Al Hajr di kota Ta'az. Kemudian, ia memperoleh gelar sarjana, magister dan doktor dari Universitas Al Imane dengan honors. Ia juga memiliki lebih dari tiga puluh sertifikasi dan gelar dalam berbagai bahasa Arab, Syari'a dan ilmu-ilmu Islam.

Sheikh Ahmed Al Mesbahi telah melakukan beberapa tugas dan fungsi. Dia adalah seorang profesor Al Fikh Al Hanafi dan Fatwa modern di Universitas Al Imane, dan dia juga adalah seorang imam di masjid Al Misbah di Wasab. Dia juga menjabat sebagai profesor Al Fikh dan asal-usulnya di Universitas Al Andalous di kota Sana'a; dan dia berpartisipasi dalam beberapa seminar dan konferensi dan program televisi di dalam dan di luar negara Yaman.

Sheikh Ahmed terkenal karena suaranya yang manis dan lembut. Sebagai hasilnya, ia merilis rekaman versi lengkap 30 juz dari bacaan kitab suci Al-Quran. Juga, dia dikenal karena banyaknya bakat yang dimiliki; karena dia adalah seorang penyayi, seorang penyair dan dia mengorganisasikan sebuah puisi “ratusan puisi” untuk Durar Al Bahia mengenai masalah Al Shari'a menurut Al Qadi Muhammad Ibn Ali Al Shouwkani. Selain itu, ia merilis beberapa penelitian dan publikasi, termasuk: the terms of the word Tawheed, Landmarks in the path of science, dan juga Tahdeeb of the signs of the hour

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel